Bagaimana Cara Mengetahui File Teinfeksi Virus atau Tidak

Jika kamu mendapat email dengan lampiran (attachment) di dalamnya dan kamu tidak yakin apakah file tersebut aman dari virus. kadang-kadang kamu juga diminta oleh sebuah website untuk menginstal software yang tidak kamu kenal. Atau kamu di minta temanmu membuka file yang ada di dalamflasdisknya... Apabila kamu merasa ragu-ragu atau khawatir atau tidak yakin dengan file tersebut alias apakah file tersebut terjangkit virus atau tidak, gunkan sedikit waktu kamu untuk menyelidikinya. Panduan di bawah ini akan membantu kamu untuk melindungi komputer dari virus atau program jahat yang tak diinginkan. Lakukan dengan cermat.

Selidiki melalui di Internet
Dalam kasus di mana kamu tidak bisa men-scan file mencurigakan dengan software keamanan, cobalah untuk menyelidiki file tersebut dengan bantuan internet. Kasus ini terjadi apabila sebuah website memintamu untuk menginstal sesuatu yang patut diwaspadai. Berikut langkah-langkahnya:
1. Kumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang software yang mencurigakan itu. Catat nama softwarenya dan website yang menawarkannya.
2. Lakukan pencarian di internet nama software tersebut. Legitimasi dan unsur keamanan dari software itu biasanya akan muncul di hasil pencarian yang pertama muncul. Jika kamu masih ragu-ragu, search lagi namanya dan tambahkan keyword seperti ‘malware’, ‘safe’ atau ‘remove’. Cek juga reputasi dari situs yang memintamu untuk menginstal software itu.

Atau kamu juga bisa men-scan file tersebut menggunakan virustotal.com untuk mengetahui file tersebut terinfeksi virus atau tidak.

Percayakan pada Keampuhan Software
Software keamanan (program antivirus atau anti malware) telah memiliki kemampuan untuk mengecek file sebelum kamu membukanya (atau bahkan sebelum kamu mentransfernya dari media lain ke komputermu). Begini caranya:
1. Lihat ikon file tersebut di sebuah window.
2. Klik kanan pada ikon untuk memunculkan menu kontekstual.
3. Klik ‘Scan file’ pada menu yang muncul guna memulai proses scanning.
Jika software keamananmu tidak memiliki opsi menu kontekstual, buka control panel software tersebut dan navigasikan pada seksi scan. Di sini, kamu akan bisa memilih target tertentu (file) untuk di-scan (kadang-kadang opsi ini ada di menu Advanced Options).

Pastikan Software Selalu Update
1. Versi terbaru dari web browser mampu memindai hasil download-an atau memperingatkanmu akan program ‘beracun’, dan memblokir malware yang terdeteksi. Jadi, pastikan kamu selalu rajin meng-update browsermu dengan versi teranyar.
2. Kebanyakan program email akan memindai attachment dari infeksi sebelum kamu mengunduhnya. Perhatikan baik-baik proses ini.

Sumber: PC World
http://dedepurnama.blogspot.com
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KOMPAS.WEB.ID Powered by Blogger